Senin, 05 Juli 2010

Melemahkan kekuatan politik umat Islam


Melemahkan kekuatan politik umat Islam


Apa sebenarnya motivasi yang mendorong semua pihak menggiring ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah keluar dari arena politik praktis ? Apa sebenarnya yang dicemaskan dari kekuatan politik ormas Islam ? Pada masa penjajahan, kekuatan politik ormas Islam seperti juga kekuatan politik parpol nasionalis dan sosialis sangat membahayakan posisi penguasa kolonial.


Organisasi pergerakan Islam, bidang garapan aktivitasnya mencakup seluruh aspek kehidupan. Mencakup negara dan tanah air, pemerintahan dan umat, moral dan kekuatan, rahmat dab keadilan, peradaban dan hukum, ilmu dan peradilan, materi dan harta, jihad dan dakwah, tentara dan fikrah, aqidah dan Orbadiah (Simak Musthafa Muhammad Thahan : "Menuju Gerakan Islam Modern", Era Intermedia, Solo, 2000:36

Menanti embrio komunitas Islami

Dunia menantikan sosok masyarakat teladan. Yang mudah dikenali dari penampilannya, perilakunya, yang menarik mempesona sekitarnya, yang menampilkan akidah, sistem dan konsep hidup yang agung.

Yang dibutuhkan dunia itu adalah embrio komnitas Islami. Komunitas, masyarakat yang terdiri dari orang-orang Islam yang tangguh, yang hidup matinya lillahi rabbil ‘alamin, yang rela diatur oleh hukum Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Di sekitarnya segenap orang tanpa membedakan asal, suku, agamanya yang bersedia melakukan yang baik dan tidak melakukan yang jahat serta siap sedia secara bersama-sama menindak yang melakukan kejahatan, dan menyelesaikan sengketa menurut hukum Allah.

(BKS1004221000)

Tidak ada komentar: